Jelang Pilkada 2024 Kejari Subang Siapkan Posko Sebagai Wadah Informasi Insan Pers dan Masyarakat.

- 11 Juni 2024, 21:49 WIB
Kajari Subang Dr.Kamal Kodrat SH Menerima Rombongan Pengurus dan Anggota PWI Subang dalam rangka auden menjelang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Subang 2024/ H.Yaman /PR Subang
Kajari Subang Dr.Kamal Kodrat SH Menerima Rombongan Pengurus dan Anggota PWI Subang dalam rangka auden menjelang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Subang 2024/ H.Yaman /PR Subang /
 
 
PR SUBANG - Jelang Pilkada tahun 2024 Kejaksaan Negeri (Kejari) Subang menyiapkan posko sebagai wadah informasi masyarakat dan insan Pers di Kabupaten Subang.
 
Hal tersebut disampaikan Kajari Subang Dr.Akmal Kodrat., SH., Mhum ketika menerima rombongan Pengurus dan Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bertempat di Kantor Kejaksaan Subang, Selasa 11 Juni 2024.
 
Kajari Subang juga menyampaikan bahwa Posko Pemilukada tersebut di bawah koordinasi Kasie Intelejen Kejaksaan Subang.
 
Posko tersebut sebagai wadah informasi terkait tahapan pemilukada dan juga hasil pemilukada di Kabupaten Subang. Dan masyarakat serta insan pers bisa berkolaborasi dalam hal publikasi yang terkait dengan informasi pilkada di Kabupaten Subang.
 
“Ya kita sudah buat Posko Pemilukada di bawah koordinasi Kasie Intel. Dan PWI atau insan pers lainnya bisa berkolaborasi soal informasi dan publikasi seputar pilkada tersebut,” kata Akmal Kodrat.
 
Selanjutnya berkaitan dengan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dimana di dalamnya terdapat unsur kejaksaan, polisi dan Bawaslu Dr.Kamal menyampaikan dalam.hal penegakan hukum terpadu tersebut terkait soal pelanggaran dan penegakan pilkada di Kabupaten Subang.
 
Dikatakannya, personil kejaksaan yang akan ditempatkan di Gakkumdu adalah dari unsur Pidum (Pidana Umum).
“Nanti kita akan menugaskan personel kejaksaan dari seksi umum pidana (Pidum), untuk bersama sama dengan polri dan Bawaslu di Gakkumdu,” tuturnya.
 
Selanjutnya terkait dengan penyelesaian pilkada, kejaksaan memiliki Jaksa Pengacara Negara di bawah koordinasi Kasie Datun yang akan mendampingi KPUD bilamana ada penyelesaian hasil pilkada nanti.
 
“Itu hanya gambaran saja ya, mudah mudahan tidak ada menjamin hasil pilkada nanti. Dan kita juga berharap stabilitas penyelenggaraan pilkada di Subang ini aman, damai dan kondusif,” ujarnya.
 
Selanjutnya dalam hal penanganan perkara hukum yang akan mengganggu stabilitas penyelenggaraan pilkada itu, Kejaksaan Negeri Subang akan menundanya.Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Jaksa Agung pertanggal.4 Juni 2024.
 
“Jadi bila ada hal yang bisa membuat keruh penyelenggaraan pilkada serentak ini, kami diperintahkan untuk mempertahankannya, sehingga stabilitas dan tahapan pemilukada tetap terjaga dan berjalan sesuai jadwalnya,” katanya.
 
Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Subang Zaenal Mutaqin mengucapkan terima kasih atas audensi tersebut, dan kedepannya PWI akan bersinergi pula dengan Kejari Subang dalam kontek stabilitasi penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Subang.
 
Terima kasih pak Kajari, semoga kedepan jalinan dengan PWI Subang lebih bersinergi lagi, tukasnya,***
 
 
 
 

Editor: H. Yaman Suryaman


Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah