Gerakan Bersama Wujudkan Pantai Bersih: Pemkab Cirebon dan Pandawara Group Satukan Kekuatan di Baro Gebang

- 20 Agustus 2024, 18:36 WIB
Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Faisal Amir. (Foto: Istimewa)
Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Faisal Amir. (Foto: Istimewa) /

PR SUBANG - Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama Pandawara Group menginisiasi gerakan kolosal untuk menyulap Pantai Baro Gebang dari lautan sampah menjadi destinasi wisata baru yang bersih dan asri.

Inisiatif ini tidak hanya menitikberatkan pada aksi pembersihan, tetapi juga merangkul seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Pantai Baro Gebang di Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, selama ini kurang diperhatikan, meski memiliki potensi yang besar. Namun, tumpukan sampah yang menyesakkan memaksa Pantai Baro Gebang harus memendam potensinya.

Kini, Pemerintah Kabupaten Cirebon bekerja sama dengan Pandawara Group, sebuah komunitas yang fokus pada lingkungan, untuk memulai perubahan besar dengan membersihkan pantai ini.

Baca Juga: Ketika Dua Raksasa Politik Bersatu: Menapaki Jalan Baru Menuju Kemajuan Kota Cirebon

Aksi ini tidak hanya sekadar membersihkan sampah, tetapi juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Penjabat Bupati Cirebon, melalui Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Faisal Amir, menegaskan bahwa kegiatan pembersihan ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

"Pantai Baro Gebang hanyalah satu dari beberapa lokasi yang menjadi fokus kami. Sebelumnya, kami telah memulai gerakan pembersihan di Jembatan Desa Jagapura, Sungai Ambulu di Desa Ambulu, bantaran sampah di Desa Sitiwinangun, dan Sungai di Desa Pangenan. Semua ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di Kabupaten Cirebon," ungkap Faisal saat berbicara kepada media pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Gerakan bersih-bersih ini semakin menarik perhatian dengan adanya partisipasi dari Pandawara Group, yang akan memulai aksinya lebih awal pada 21 Agustus 2024. Langkah ini diapresiasi tinggi oleh Pemkab Cirebon, yang melihatnya sebagai bentuk kolaborasi nyata antara pemerintah dan masyarakat. "Inisiatif yang dilakukan Pandawara Group sangat kami hargai. Ini adalah contoh konkret bagaimana masyarakat bisa berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Kami siap mendukung sepenuhnya, dengan menyiapkan personel, alat berat, dan kendaraan pengangkut sampah untuk memastikan semua berjalan lancar," tambah Faisal.

Halaman:

Editor: Charles Yohanes


Tags

Terkait

Terkini

Trending

Berita Pilgub