1180 Jemaah Calon Haji Subang Mengikuti Manasik Haji di Gedung Islamic Center

- 2 Mei 2024, 19:24 WIB
Kepala kantor Kemenag Subang Dr.H.Badruzaman sedang memberikan sambutan pada kegiatan manasik haji tingkat Kab.Subang yang diikuti 1150 jemaah Calhaj./PR Subang/H.Yaman
Kepala kantor Kemenag Subang Dr.H.Badruzaman sedang memberikan sambutan pada kegiatan manasik haji tingkat Kab.Subang yang diikuti 1150 jemaah Calhaj./PR Subang/H.Yaman /

PR SUBANG - Sebanyak 1180 jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Subang, Jawa Barat, mengikuti manasik haji di Gedung Islamic Center Kabupaten Subang, Kamis 2 Mei 2024.

Kegiatan manasik haji ini bertujuan untuk memberikan panduan dan pelatihan kepada calhaj tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji.

Dalam kegiatan ini, para calhaj dibagi menjadi beberapa rombongan dan regu. Mereka mendapatkan materi tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, mulai dari lempar jumrah di Mina hingga tawaf mengelilingi Ka'bah. Selain itu, mereka juga melakukan praktek langsung berbagai ritual ibadah haji.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Subang, Badruzaman, mengatakan bahwa manasik haji ini juga bertujuan untuk saling mengenal sesama rombongan dan petugas kloter.

 "Kita melaksanakan bimbingan manasik haji massal tingkat Kabupaten Subang, antara lain mengenalkan petugas kloter, sekaligus memberikan panduan kepada jamaah bagaimana nanti memasuki masa-masa kegiatan di Arafah, mudzalifah, dan akan dilanjutkan kegiatan manasik di sekitar Kabah," ujarnya.

Calhaj asal Kabupaten Subang sedang mengikuti Manasik Haji bertempat di Islamic Centre Jalan Arif Rahman Hakim Subang/PR Subang/H.Yaman
Calhaj asal Kabupaten Subang sedang mengikuti Manasik Haji bertempat di Islamic Centre Jalan Arif Rahman Hakim Subang/PR Subang/H.Yaman

Badruzaman menambahkan, 1180 jemaah calhaj Subang ini dibagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter). Kloter pertama akan berangkat ke tanah suci pada tanggal 11 Mei 2024.

Selain itu beliau juga menyampaikan tentang usia Calhaj Subang. Berdasarkan data Kemenag rata-rata usia jemaah calhaj asal Subang tahun ini adalah di atas 50 tahun. Mereka telah mengantre selama 10 tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji.

"Mereka sudah lama menanti kesempatan ini. Alhamdulillah, tahun ini mereka bisa berangkat ke tanah suci," kata Badruzaman.

Badruzaman berharap manasik haji ini dapat membantu para calhaj untuk memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji dengan baik. Sehingga, mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk.

Halaman:

Editor: H. Yaman Suryaman


Terkini