Pensiun Dini Pembangkit Cirebon Power Jangan Merugikan Pihak Terkait

- 26 Maret 2024, 21:39 WIB
Lowongan Kerja Februari 2022 Cirebon Power.
Lowongan Kerja Februari 2022 Cirebon Power. //cirebonpower.co.id/

 

PR SUBANG - Wakil Direktur Utama Cirebon Power Joseph Pangalila menjelaskan progres rencana pensiun dini pembangkit Cirebon Power unit I. Menurut dia, saat ini masih berlangsung studi mendalam untuk mencegah dampak dari pensiun dini.

“Agar proses ini tidak menimbulkan dampak merugikan bagi pihak-pihak terkait antara lain pekerja, masyarakat, pemerintah lokal dan nasional serta program kelistrikan nasional,” kata Joseph, Selasa, 26 Maret 2024.

Sejak akhir 2022, Cirebon Power menyatakan kesediaan berperan serta mendukung program pemerintah mengurangi emisi dengan menjadi volunteer/relawan dalam program pensiun dini PLTU.

Menurut Joseph, sepanjang 2023 hingga saat ini, diskusi dengan Asian Development Bank, Kementerian ESDM, dan PT PLN (Persero) terus berlanjut, dengan proses yang positif.

Baca Juga: Tim Evakuasi Temukan Tiga Jenazah Korban Banjir Bandang dan Longsor di Cipongkor

Joseph menganalogikan pensiun dini PLTU secara sederhana, seperti mengubah skema finansial komersil. Hampir mirip seperti over kredit perbankan, yang mempersingkat masa tenor kredit.


“Melalui skema Energy Transion Mechanism (ETM) dan Just Energy Transion Partnership (JETP), memungkinkan pembiayaan lebih murah dan efisien. Melalui skema ini, proyek Cirebon 1 dapat diperpendek kontrak operasinya,” katanya.

Apabila diskusi dengan semua pihak tercapai, usia operasional PLTU Cirebon I yang seharusnya sampai 2042 (sesuai Power Purchase Agreement), akan diperpendek tujuh tahun, sehingga akan berhenti beroperasi pada 2035. 


Halaman:

Editor: Charles Yohanes


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x