Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan Gelar Lomba Tarik Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR)

- 20 Agustus 2024, 18:18 WIB
/

PR SUBANG - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024, Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan kembali menggelar lomba tarik tambang Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR) antar pekerja KAI di Kantor UPT Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan.

Sarana yang digunakan untuk perlombaan ini adalah kereta prasarana PBR-400U-RS merupakan kereta perawatan jalan rel yang memiliki bobot seberat 45 ton.

Perlombaan tarik PBR-400U-RS ini diikuti oleh sebelas tim yang berasal dari pekerja Balai Yasa, Pekerja KAI Daop 3 Cirebon, komunitas pecinta kereta api Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) dan Edan Sepur.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul menyampaikan, lomba ini merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang dilakukan PT KAI Daop 3 Cirebon dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Dipimpin Komandan Kontingen, Atlet Jabar Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien

Baca Juga: Semarakan Hari Kemerdekaan, Pekerja Kilang Balongan Gelar Berbagai Lomba Menarik

"11 tim dengan jumlah masing-masing 6 orang akan berlomba agar menjadi yang tercepat menarik PBR-400U-RS seberat 45 ton dengan jarak 20 meter. Tim yang paling cepat menyentuh garis finish adalah pemenangnya. Kebersamaan dan kesolidan tim akan menjadi kunci kemenangan dalam lomba ini, karena tujuan diadakannya lomba ini adalah agar para pekerja KAI dapat bekerjasama untuk mengatasi beban yang harus ditarik dengan upaya maksimal dan kekompakan tim," ucapnya.

Perlu diketahui, di Daop 1 hingga Daop 9 (wilayah jawa) terdapat 49 unit kereta perawatan sarana dan prasarana, yang dibagi di setiap unit sesuai dengan panjang track. Di wilayah Daop 3 Cirebon sendiri terdapat 5 unit mesin perawatan jalan rel, berupa 2 unit mesin MTT CSM, 2 unit mesin PBR 400U-RS dan 1 unit mesin PBR USP.

Lomba tarik Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR) ini, juga bagian dari upaya mengenalkan kepada masyarakat jenis kereta lainnya, yang bertugas untuk inspeksi sekaligus merawat sarana dan prasarana rel kereta api, berupa pemadatan batu kricak, balas, geometeri jalan, dan lainnya. Selain itu, lomba tarik kereta MPJR ini juga bertujuan memperkokoh rasa kekompakan tiap peserta. Kerja sama dalam lomba ini sangat sangat dibutuhkan, begitupun dalam tugas tugas keseharian. ***

Editor: Charles Yohanes


Tags

Terkait

Terkini

Trending

Berita Pilgub