Banjir Terjang 36 Desa di Kabupaten Cirebon, Dua Warga Meninggal Dunia

- 7 Maret 2024, 04:20 WIB
Warga terdampak banjir di Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon sedang menyelamatkan barang-barang.
Warga terdampak banjir di Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon sedang menyelamatkan barang-barang. /Foto: PR SUBANG/

 

PR SUBANG - Bupati Cirebon, Imron meninjau langsung lokasi bencana banjir yang melanda wilayah timur Kabupaten Cirebon di Desa Sidaresmi, Kecamatan Pabedilan, Rabu, 6 Maret 2024.

Imron menyebut, ada 36 desa dari sembilan kecamatan yang terdampak oleh banjir yang melanda wilayah timur Kabupaten Cirebon, akibat luapan sungai Cisanggarung dan Ciberes.

“Sungai Cisanggarung merupakan sungai besar yang menghubungkan dua provinsi, yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah, yang kini senderannya sangat rendah. Sehingga, ketika mendapat kiriman air dari Kuningan, mengalami luapan dan mengakibatkan banjir,” jelas Imron.

Baca Juga: Daftar Penerima Anugerah Reformasi Birokrasi Provinsi Jawa Barat Tahun 2023

Imron mengungkapkan, bencana banjir yang melanda tersebut mengakibatkan ribuan rumah warga terendam. “Ada 20 ribu rumah warga terendam dan 83 ribu warga terdampak akibat banjir ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata Imron, ada dua langkah yang pemerintah lakukan untuk penanganan banjir di wilayah timur tersebut. Mulai dari memberikan bantuan dan melakukan koordinasi dengan BBWS.

“Untuk jangka pendek, kita membuka dapur umum untuk warga terdampak, dan menyiapkan segala macam bantuan. Sedangkan untuk jangka panjangnya, kita lakukan koordinasi dengan BBWS, karena sungai Cisanggarung merupakan kewenangan pusat,” ujarnya.

Baca Juga: Jelang Ramadan - Idul Fitri, Bey Minta TPID Bekerja Lebih Efektif

Halaman:

Editor: Charles Yohanes


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x