PT Mahkota Giovey Abadi Dorong Generasi Muda Paham Konsep Daur Ulang Plastik demi Kelestarian Lingkungan

- 16 Maret 2024, 17:58 WIB
Mahasiswa lintas kampus tengah mempelajari ekonomi sirkular dan kegiatan pemrosesan sampah plastik
Mahasiswa lintas kampus tengah mempelajari ekonomi sirkular dan kegiatan pemrosesan sampah plastik /Dok. PT MGA/

PR SUBANG - PT Mahkota Giovey Abadi, perusahaan daur ulang plastik terkemuka di Indonesia, mendorong generasi muda memahami praktik bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Direktur Utama PT MGA Lim Ignatius Kenneth Permana menerima kunjungan sejumlah mahasiswa lintas kampus ke pabriknya pada Rabu, 6 Maret 2024. Di hadapan para pelajar yang menamakan dirinya AgentZ Perubahan, Kenneth menjelaskan bahwa daur ulang sampah plastik sangat penting untuk dipahami generasi muda.

"Sampah botol plastik sering dituding sebagai penyebab polusi di laut. Padahal, jika didaur ulang, bahan material botol plastik, yakni polietilena tereftalat (disingkat PET), dapat direcycle berulang kali, hingga tidak terbatas. Inilah konsep ekonomi sirkular," kata Kenneth, pemimpin perusahaan yang memproduksi botol plastik dari sampah botol bekas tersebut.

PT Mahkota Giovey Abadi, kata pendiri perusahaan tersebut, telah bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, media online komunitas, dan pemulung, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya daur ulang. Perusahaan ini juga telah berinvestasi dalam teknologi canggih untuk memastikan proses daur ulang yang efisien dan berkualitas.

"Kami percaya bahwa daur ulang plastik memainkan peran penting dalam mengurangi polusi lingkungan dan meminimalkan penggunaan sumber daya alam," kata Kenneth.

"Melalui upaya kami, kami berharap dapat berkontribusi terhadap masa depan yang lebih hijau bagi Indonesia. Generasi muda, termasuk Gen Z diharapkan dapat menjadi agen-agen perubahan di masa mendatang terkait penanganan sampah plastik di Indonesia," katanya.

PT Mahkota Giovey Abadi memiliki fasilitas daur ulang yang berlokasi di Padalarang, Bandung Barat. Perusahaan ini memiliki kapasitas untuk memproduksi ratusan botol plastik per tahun. Bahan baku daur ulang yang dihasilkan dijual ke berbagai industri, hingga level konsumen melalui platform market place.

Raysyandana Deva Nagara Nararya Paath, mahasiswa dari Universitas Pembangunan Nasional mengatakan ia bersama sejumlah mahasiswa dari kampus yang berbeda-beda mengunjungi pabrik PT MGA yang terletak di Jl. Cimerang, Cimerang, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat sebagai langkah awal untuk menciptakan forum diskusi yang berkelanjutan.

"Forum ini akan membahas tentang ekonomi sirkular dengan target audiens generasi muda, atau Gen Z. Melalui kunjungan ke pabrik, diharapkan para rekan-rekan saya dapat memahami konsep pentingnya tidak membuang sampah plastik sembarangan," katanya pada Kamis, 7 Maret 2024 ketika mengunjungi fasilitas collection center PT MGA di Daan Mogot, Kota Tangerang.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah