Tinjau Galeri Batik Bersejarah di Banyumas, Puan Dorong Regenerasi Pembatik

- 3 Februari 2024, 09:14 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau galeri batik Hadi Priyanto di Banyumas, Jawa Tengah.
Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau galeri batik Hadi Priyanto di Banyumas, Jawa Tengah. /Foto: PR SUBANG/Dok Puan Maharani/

 

PR SUBANG - Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau galeri batik Hadi Priyanto di Banyumas, Jawa Tengah. Batik Hadi Priyanto sendiri merupakan salah satu batik yang punya banyak sejarah karena sudah berdiri sejak tahun 1957.

Puan datang ke Rumah Batik Hadi Priyanto pada Jumat, 1 Februari 2024 bersama sejumlah anggota DPR. Di galeri batik Banyumasan ini, Puan meninjau proses pembatikan yang dilakukan para pembatik.

“Batik adalah ikon Indonesia, sudah menjadi warisan budaya tak benda UNESCO,” kata Puan.

Rumah Batik Hadi Priyanto saat ini dikelola oleh keturunan ke-3, dan memiliki 30 pegawai. Puan terkesan dengan Rumah Batik Hadi Priyanto yang memiliki mesin pintal untuk membuat bahan (kain) batik dengan 3.600 benang.

Baca Juga: Majalengka Jadi Kota IHK Jabar, Inflasi Perdana Torehkan Capaian Positif di Awal Tahun 2024

“Keunikan batik tiap daerah perlu diangkat reputasinya secara setara, agar semuanya bisa berbarengan terkenalnya,” ucap mantan Menko PMK itu

Tak hanya dengan canting, proses pembuatan batik Hadi Priyanto juga ada yang dicetak dan digambar. Memiliki ciri khas motif warna cerah, batik Banyumasan di galeri tersebut membutuhkan proses waktu sekitar dua minggu untuk setiap helai kainnya.

Puan pun mendorong agar ada regenerasi untuk para pembatik. Dengan begitu, budaya lama Indonesia tidak akan terkikis zaman.

Halaman:

Editor: Charles Yohanes


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x