Posyantek Desa Perkuat Program Lebu-Digital Untuk Pemanfaataan Teknologi Tepat Guna

- 5 Maret 2024, 21:53 WIB
Posyantek Desa.
Posyantek Desa. /Foto: PR SUBANG/Diskominfo Indramayu/

PR SUBANG - Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Indramayu Lebu Digital (Le-Dig) yang digagas Bupati Nina Agustina harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Indramayu.

Tiga unsur dasar yang harus diperhatikan dalam penerapan Lebu Digital yakni tata kelola pemerintahan, layanan publik, dan pemberdayaan masyarakat harus diperhatikan oleh pemerintah desa yang ada di Kabupaten Indramayu.

Namun dalam pelaksanannya, desa-desa di Kabupaten Indramayu yang menjalankan program Lebu Digital belum sepenuhnya memahami unsur yang harus dipenuhi tersebut sehingga terkesan menjalankan program apa adanya.

Pemberdayaan masyarakat merupakan unsur yang belum terlaksana dengan baik. Hal ini dikarenakan sebagian besar belum sepenuhnya memahami dan menyadari pentingnya pemberdayaan masyarakat sebagai hal yang akan dirasakan masyarakat secara langsung.

Baca Juga: Pj Bupati Subang Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Sukamelang Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Untuk memperkuat pemberdayaan masyarakat desa, saat ini bisa dilakukan dengan membentuk Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi) sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 23 tahun 2017 tentang Pengembangan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa.

Pembentukan Posyantek ini seperti dikutip dari situs resmi Diskominfo Indramayu, bertujuan untuk pengembangan dan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam pengelolaan sumber daya alam desa, sebagai upaya optimalisasi sumber daya alam desa yang lestari, memajukan ekonomi desa, penguatan kapabilitas masyarakat, dan peningkatan partisipasi masyarakat.

Dalam konteks pengembangan Program Unggulan Lebu Digital (Le-Dig) atau desa digital di Kabupaten Indramayu, peran posyantek sangat penting dalam memfasilitasi akses dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di tingkat desa. Sehingga masyarakt desa mendapatkan akses layanan dalam pengembangan teknologi di desanya.

Namun sayangnya meskipun amanat untuk membentuk Posyantek sudah ada sejak tahun 2017 dan Program Unggulan Lebu Digital telah ada sejak tahun 2021 keberadaan Posyantek di Kabupaten Indramayu masih sangat minim.

Halaman:

Editor: Charles Yohanes


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x