Tekan Angka Kekerasan Anak dan Perempuan Jadi Prioritas DP3APPKB

- 30 Mei 2024, 21:41 WIB
/

 

PR SUBANG - Salah satu program prioritas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kota Cirebon yakni penurunan angka kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan.

Kepala DPPPAPPKB Kota Cirebon, Suwarso Budi Winarno menjelaskan, kasus kekerasan anak dan perempuan di Kota Cirebon cukup memprihatinkan, sehingga perlu ada perhatian lebih dalam penanganan dan pendampingan.

“Banyak kasus yang dialami anak dan perempuan. Sehingga kami ingin mengajak seluruh pihak terkait bisa bekerja sama. Sehingga tidak hanya pemerintah, tetapi peran orang tua, guru dan lingkungan juga harus bisa mendukung,” paparnya.

Baca Juga: Wujudkan Stabilitas Kamtibmas di Kota Cirebon, Kapolres Cirebon Kota Kunjungi Ponpes Daarul Mujahid

Perihal penanganan dan pengungkapan kasus, lanjut Budi, pihaknya sudah memiliki Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Cirebon.

“Mereka akan melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan pemetaan terkait persoalan, hal itu agar tim tidak salah dalam bertindak,” tuturnya.

Masih dikatakan Budi, ada berbagai kegiatan sebagai upaya pemerintah dalam mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak. Seperti sosialisasi three end, kota layak anak, konvensi hak anak, parenting, hingga pemberdayaan perempuan.

Baca Juga: Pemda Kota Cirebon Raih Opini WTP 8 Kali Berturut-turut dari BPK RI

“Kemudian ada pelatihan pendamping korban, edukasi pengarusutamaan gender. Tapi yang paling utama adalah penguatan jejaring atau kolaborasi, koordinasi dan sinergitas para pihak terkait,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Charles Yohanes


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah